Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Masjid Jami SEPERTINYA SAYA PERNAH MAKAN

Posted by infosyiah pada 0, Juni 23, 2007

shonky-yadam.jpg

Masjid Jami SEPERTINYA SAYA PERNAH MAKAN

Adalah nama masjid yang paling aneh yang pernah kita dengar di bumi ini. Apakah diantara kita ada yang pernah mendengar nama masjid “SEPERTINYA SAYA PERNAH MAKAN”.

Sebenarnya masjid ini terletak di daerah yang bernama Fateh, Istanbul-Turki. Nama masjid ini kalau dalam bahasa Turki adalah “Shonky Yadam” atau kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah “Sepertinya saya pernah makan”.

Dari kitab min Al-Tarikh Al-Utsmany yang di tulis oleh seorang Guru besar saat itu yaitu ustadz Urkhan Muhammad Ali menceritakan asal muasal bagaimana masjid itu hingga mendapat nama seperti itu.

Dikatakan dalam kitab itu Pada zaman dahulu kala, ada seorang miskin yang bernama Khairuddin Afandy. Dia hidup di daerah Fateh dekat kota Istanbul Ibukota Turki bagian Eropa. Khairuddin Afandy sangat terkenal dengan sifat Tawadu dan Wara.

Ketika dia hendak berbelanja ke pasar untuk kebutuhan hari-harinya, atau ketika dia melihat daging, buah-buahan atau makanan camilan yang menggiurkan kelezatannya, dia berkata pada dirinya: Shonky yadam atau dengan kata lain Sepertinya saya pernah memakan makanan itu.

Dia tidak membelanjakan uangnya untuk itu, dia tidak jadi membelinya makanan dan kelezatan yang ada, malah dia memasukkan uangnya (yang seharusnya di belikan makanan-makanan tadi) ke dalam satu peti dan menyimpannya di rumahnya. Dia menjauhkan dan menghindarkan dirinya dari makanan-makanan yang menggairahkan kelezatannya (di luar makanan pokok) Dan berjalanlah waktu berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Uang yang di tabungkan ke dalam peti itu kian hari kian bertambah banyaknya. Hingga pada suatu saat dia menyaksikan bahwa jumlah uang yang ada sudah dapat di gunakan untuk membangun sebuah masjid yang kecil di daerahnya.

Segera kabar tersebar ke seluruh penjuru Turki mengenai masjid ini. Mereka bertanya-tanya bagaimana mungkin seorang yang “Miskin” seperti dia dapat membangun sebuah masjid?

Penduduk Fateh yang mengetahui cerita bagaimana si Khairuddin Afandi yang selalu mengurungkan niatnya ketika akan membelanjakan uangnya untuk membeli sesuatu seraya berucap “Shonky Yadam” lalu mereka menamakan masjid itu dengan nama Shonky Yadam atau Sepertinya saya pernah makan.

Di Negeri ini, kita membutuhkan manusia seperti Khairuddin Afandi. Banyak sekali uang terbuang pada sesuatu yang sering kita saksikan di depan mata. Banyak acara-acara maksiat yang dilaksanakan d iatas tangisan anak-anak putus sekolah. Banyak pula acara-acara “Ritual” ang dilakukan secara berlebihan dan menghambur-hamburkan biaya yang kadang hanya dapat “membuncitkan” perut-perut. Banyak sekali yatim piatu yang tak terurus sementara di sisi lain uang berlimpah ruah tak terarah. Slogan “Shonky Yadam” memberikan kita pelajaran yang sangat dalam bagaimana kita bertanggung jawab pada diri dan lingkungan. Metode Shonky Yadam sebaiknya kita terapkan dalamkemubaziran hidup” walaupun itu hanya sekali-kali.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: