Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Ayatullah Makarim Syirazi: Kami akan memboikot ibadah haji

Posted by infosyiah pada 0, Juni 27, 2007

Ayatullah Makarim Syirazi: Kami akan memboikot ibadah haji

Sekaitan dengan tidak dilaksanakannya janji pemerintah Arab Saudi untuk menghilangkan gangguan terhadap jamaah haji Syiah oleh para pengikut Wahabi/Salafi dengan mengeluarkan isu-isu bohong tentang Syiah, Ayatullah Makarim Syirazi berkata: Bila pemerintah Arab Saudi tidak melaksanakan janjinya, niscaya kami akan memboikot pelaksanaan haji.

Sore hari Senin Ayatullah Makarim Syirazi dalam pertemuannya dengan para imam jumat Teheran sambil mengingatkan suratnya kepada Kementrian Luar Negeri Iran yang isinya mengenai sikap-sikap pengikut Wahabi/Salafi yang sering mengeluarkan isu-isu bohong tentang Syiah kepada para jamaah haji Ahli Sunah mengatakah: Pemerintah tidak boleh merasa cukup dengan janji-janji pemerintah Arab Saudi. Perlu dikondisikan sehingga janji-janji tersebut dapat diterapkan.

Beliau melanjutkan: Kondisi saat ini yang terjadi di Arab Saudi, tanah air wahyu, masih dikuasai oleh orang-orang yang suka menyebarkan isu-isu bohong dan fitnah mengenai Syiah kepada jamaah haji/umrah selain Syiah. Bila pejabat pemerintah Arab Saudi tidak mencegah dan memperbaiki kondisi yang ada, niscaya para marja taklid akan mengeluarkan fatwa boikot pelaksanaan haji dan umrah.

Marja taklid ini menyebutkan bahwa alasan penyebaran isu-isu bohong tentang Syiah karena penyebaran mazhab Syiah telah mendunia. Menurutnya: Perbuatan sunah dan dianjurkan dalam Islam seperti apa ini ‘penghinaan terhadap Syiah’? Organisasi-organisasi yang bertanggung jawab mengenai masalah haji harus memikirkan masalah ini.[infosyiah]

5 Tanggapan to “Ayatullah Makarim Syirazi: Kami akan memboikot ibadah haji”

  1. Walah, haji diboikot euy… Defisit atuh, bayarnya udah mahal… Jangan… 😛

  2. Sirojuddin said

    Salom bo orezu muwaffaqiyat..
    yang mau diharamkan oleh Ayatullah Makarim Umrah mufradah saja atau haji juga, soalnya ana lihat di shiah news. hanya yang pertama…

  3. infosyiah said

    Salam,

    Mas Sirojuddin Anda benar, bahwa pernyataan Ayatullah Makarim Syirazi adalah memboikot Umrah. Dan ada poin lain yang ingin ditambahkan bahwa masalahnya tidak sesederhana yang dibayangkan karena salah satu dari marja taklid Syiah dihina ketika sedang melakukan ziarah di pekuburan Baqi’. Ini yang membuat Ayatullah Makarim Syirazi mengeluarkan pernyataan seperti ini.

    Sekali lagi terima kasih.

  4. abu ghonam said

    mungkin ada asap pasti ada api…siapa yang menghembuskan nyala api tersebut?seharusnya orang2 syi’ah berfikir…
    jikalau benar terbukti memboikot ibadah haji…bukankah syi’ah juga punya tempat suci,,(Najaf dan Karbala)…ke sono aja napa?

    Dan perbuatan ahlus sunnah tidak akan demikian terhadap para jema’ah haji…janganlah terlalu menyalahkan…jiklalau Pemerintah Arab Saudi dengan begitu ketatnya melindungi para jama’ah haji baik di negara manapun termasuk Iran…apa penghargaan apa? apa masih setia mencela dan menghembuskan “fitnah wahabi?”

    wallaahul musta’an

  5. abu fadl said

    Saya sami’na wa atho’na aja deh kalau fatwa politik sudah ditetapkan wali-fakih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: