Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Cina memperingati Sayyidah Fathimah as

Posted by infosyiah pada 0, Juni 28, 2007

Cina memperingati Sayyidah Fathimah as

Berdasarkan tradisi yang telah berlangsung lama, setiap tahun di daerah-daerah yang penduduknya mayoritas Islam di Cina kaum muslimin di sana merayakan hari Sayyidah Fathimah as.

Di Peking dan daerah-daerah lainnya yang banyak penduduk muslimnya ada haru yang secara khusus mereka namakan hari ‘Fathimah’. Dalam memperingati hari ini, seluruh kaum muslimin di Cina dengan berbagai mazhab yang ada secara bersama-sama memperingati acara ini.

Beberapa hari lagi akan diadakan peringatan hari putri tercinta Rasulullah saw. Wanita, pria, anak-anak dan orang tua dengan keyakinan yang khusus mengenai hari ini hadir di masjid-masjid dengan menyiapkan makanan yang dibutuhkan pada hari itu. Kebanyakan juga dari mereka melakukan nazar dengan melakukan tawassul kepada putri Rasulullah saw ini dengan meminta kepada Allah. Mereka menyedekahkan harta dan bahan-bahan makanan ke masjid-masjid.

Perlu diketahui bahwa sesuai dengan data statistik resmi jumlah kaum muslimin di Cina sekitar 22 juta orang, sementara berdasarkan angka perkiraan ada sekitar 100 juta orang. Islam yang berkembang di Cina merupakan ajaran Islam yang dipengaruhi oleh pemikiran Syiah. Para peneliti menyebutkan bahwa pengaruh Syiah dalam ajaran Islam yang dianut oleh orang-orang Cina didapatkan lewat jalur ‘Ulat Sutera’ antara Iran dan Cina. Itulah mengapa peringatan acara ini memiliki banyak kesamaan dengan peringatan syahadah para Imam Syiah yang dilakukan di Iran.

Sampai saat ini juga, nama Fathimah cukup banyak dipakai di kalangan wanita muslim Cina. Bahkan kebanyakan mereka menamakan anak lakinya dengan nama-nama seperti Ali, Hasan, Husein dan nama-nama yang dihormati oleh Syiah.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: