Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Gagal: kudeta Iyad Allawi dan beberapa negara Arab

Posted by infosyiah pada 0, Juli 2, 2007

Gagal: kudeta Iyad Allawi dan beberapa negara Arab

Kegagalan upaya bersama antara kelompok-kelompok penentang pemerintah Nouri al-Maliki yang bekerja sama dengan beberapa negara-negara Arab untuk menurunkan Nouri al-Maliki, membuat partai oposisi al-Tawafuq (wakil minoritas Ahli Sunah di parlemen) mengirimkan utusan ke sebagian negara-negara Arab untuk menekan pemerintah Nouri al-Maliki.

Situs Almalaf menyebutkan: Upaya negara-negara Arab yang dipimpin oleh Yordania pada beberapa bulan lalu dengan tujuan membentuk koalisi baru menghadapi Nouri al-Maliki tidak berhasil. Negara-negara seperti Arab Saudi, Mesir, Yordania dan Emirat beberapa bulan lalu mendukung Iyad Allawi mantan Perdana Menteri Irak untuk membentuk sebuah fraksi besar di parlemen Irak, namun usaha tersebut gagal.

Berdasarkan rencana mereka, fraksi di parlemen ini harus dapat memegang kendali politik Irak dan pada akhirnya dapat menggulingkan pemerintahan Nouri al-Maliki. Fraksi ini tidak jadi terbentuk ketika partai al-Tawafuq tidak bergabung dengan mereka. Begitu juga partai al-Fadhilah yang mengundurkan diri setelah mengikuti pertemuan. Dengan demikian, upaya dunia internasional untuk meyakinkan para pemimpin partai Kurdi untuk bergabung dalam fraksi ini juga tidak berhasil.

Akhirnya, keberlangsungan gerakan politik penentang pemerintahan Nouri al-Maliki hanya diikuti oleh partai al-Hiwar al-Wathani yang dipimpin oleh Saleh al-Muthlaq dan partai al-Iraqiyah yang diketuai oleh Iyad Allawi.

Di sisi lain, Nouri al-Maliki dalam salah satu pidatonya tanpa menjelaskan nama-nama partai yang bekerja sama dengan beberapa negara Arab untuk menumbangkan pemerintahnya menjelaskan kegagalan upaya ini.

Saat ini, partai al-Tawafuq mencari jalan lain untuk menggulingkan pemerintahan Nouri al-Maliki. Mereka berusaha mengadukan Asad al-Hasyimi Menteri Kebudayaan Irak dan dengan alasan ini, mereka memutuskan hubungannya dengan pemerintah al-Maliki. Partai al-Tawafuq kemudian mengirimkan utusan ke beberapa negara Arab agar mereka menekan pemerintah al-Maliki agar memenuhi keinginan mereka terkait dengan Menteri Kebudayaan Irak.

Utusan partai ini akan berkunjung ke negara-negara seperti Arab Saudi, Mesir dan Yordania. Pimpinan partai al-Tawafuq Adnan al-Dalimi berusaha keras agar penahanan Asad al-Hasyimi Menteri Kebudayaan Irak yang berasal dari partainya itu tidak terjadi. Menteri Kebudayaan Irak Asad al-Hasyimi dituduh ikut andil dalam pembunuhan dua anak salah satu dari anggota parlemen Irak.

Perlu diketahui, sumber-sumber berita membongkar adanya pertemuan antara sebagian negara-negara Arab dan Amerika di Mesir dan dihadiri oleh Iyad Allawi. Dalam pertemuan itu dibicarakan mengenai cara-cara menjatuhkan pemerintahan al-Maliki dan bagaimana caranya Iyad Allawi dapat kembali memerintah di Irak.

Berkali-kali pejabat-pejabat tinggi Irak mengkritik sikap sebagian negara-negara Arab terhadap Irak setelah lengsernya Saddam Husein, apa lagi mereka tidak mau membuka kedutaan besarnya di Baghdad. Para pejabat tinggi Irak menginginkan agar negara-negara Arab mendukung kebijakan pemerintah Nouri al-Maliki agar segera tercipta kestabilan dan keamanan di Irak dengan mengontrol perbatasan mereka dengan Irak.

Jalal Talebani Presiden Irak dalam pertemuan terakhir kepala-kepala negara persatuan negara-negara Arab di Riyadh (28 Maret 2007) menginginkan agar negara-negara Arab membantu pemerintah Nouri al-Maliki agar terbentuk stabilitas keamanan di Irak.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: