Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Sejarah Penggantian Kain Penutup Ka’bah

Posted by infosyiah pada 0, Juli 17, 2007

Sejarah Penggantian Kain Penutup Ka’bah

Kain penutup Ka’bah diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzul Hijjah tepat ketika jamaah haji berada di Arafah. Masalah siapa yang pertama kali mengganti kain Ka’bah itu masih diperselisihkan.

Tahun ini juga tepat pada tanggal 9 Dzul Hijjah akan diganti. Sebagian orang menganggap Nabi Ismail as adalah orang pertama yang menutup Ka’bah dengan kain.

Kain penutup Ka’bah sebelum datangnya Islam telah ada dan saat ini penanggung jawab Ka’bah dan pemerintah Arab Saudi merasa bangga sebagai yang bertanggung jawab mengurusi masalah ini.

Sampai pada zaman Bani Abbasiyah, kain penutup baru dipakai untuk menutupi kain sebelumnya. Hal ini berlangsung sampai suatu ketika seorang dari Khalifah Bani Abbasiyah melakukan ibadah haji dan masyarakat Mekkah menjelaskan bahwa kain penutup Ka’bah sangat berat dan kemungkinan itu dapat merusak bangunan Ka’bah, karena ditumpuk-tumpuk.

Semenjak itu ia memerintahkan agar setiap tahun kain penutup Ka’bah agar diganti dengan yang baru dan kain lama agar dicabut. Setelah perintah itu sampai sekarang kain penutup Ka’bah diganti setiap tahun.

Dalam sejarah Islam disebutkan: Imam Ali as pada masa pemerintahannya, setiap tahun mengirimkan kain penutup Ka’bah dari Kufah ke Mekkah.

Secara umum, sejak zaman Nabi Muhammad saw setiap Khalifah yang berkuasa menjadi penanggung jawab penggantian kain penutup Ka’bah.

Di masa kekuasaan kekhalifahan Ottoman kain penutup Ka’bah dikirimkan dari negara-negara seperti Mesir, Turki, India dan Iran. SEtelah jatuhnya kekuasaan Ottoman, rakyat Mekkah sendiri yang melakukan kewajiban ini.

Biasanya, setelah penggantian kain Ka’bah yang baru, maka kain Ka’bah yang lama dipotong dalam ukuran kecil-kecil dan kemudian dihadiahkan kepada perwakilan dan duta besar negara-negara Islam.

Sebagai tambahan, kain penutup Ka’bah juga dihadiahkan kepada tuan rumah OKI, seperti ketika Iran menjadi tuan rumah dan kain penutup Ka’bah dipasang di ruangan konferensi.

Pada tahun  26 tahun lalu kain penutup Ka’bah juga sempat dihadiahkan ke PBB.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Sejarah Penggantian Kain Penutup Ka’bah”

  1. agus said

    OK TERSUKAN SEJARAHNYA YANG LEBIH DETAIL, SALAM KENAL DARI MASTER WIRAUSAHA MUSLIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: