Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Penjajahan Jenis Baru Lebih Kompromistis dan Intelektual

Posted by infosyiah pada 0, Juli 18, 2007

Penjajahan Jenis Baru Lebih Kompromistis dan Intelektual

Indonesia adalah sebuah Negara kaya yang menjadi rebutan Negara-negara colonial pada masanya untuk kemudian dapat mengeksploitasi kekayaan alam yang ada padanya, sehingga pada akhirnya  kemerdekaan dan kemandirian Indonesia dari penjajah-penjajah tersebut harus dibayar mahal dengan darah dan air mata rakyat. Selain itu Indonesia adalah juga sebuah Negara yang mempunyai batas territorial yang sangat luas dan dengan jumlah penduduk dan kekayaan alam yang begitu besar. Maka menurut Sekjen BKPPI periode 2004-2007 Muchtar Lutfhi jika semua ini dikelola dengan baik maka akan menjadi peluang bagi terciptanya kemajuan dan perbaikan Indonesia ke depan.

Indonesia pada tahun 1945 berhasil mencapai kemerdekaan dan kedaulatannya, ini adalah moment dimana bangsa Indonesia mampu melepaskan diri dari penjajahan fisik Negara-negara penjajah waktu itu, namun apakah bangsa Indonesia telah merdeka dari jenis penjajahan baru yang cenderung bersifat non-fisik seperti penjajahan ekonomi, budaya atau tekhnologi?

Menurut pandangan sekjen BKPPI ini penjajahan jenis kedua itu setidaknya masih kita rasakan di Negara tercinta Indonesia. Semua ini adalah tantangan bagi anak bangsa lanjutnya.

“Walaupun ada perbedaan kondisi diantara zaman pra kemerdekaan dengan pasca kemerdekaan, namun substansi penjajahan masih ada dan berkuasa, dahulu penjajahan dilakukan secara paksa dan kasar tapi sekarang penjajahan berlangsung dan kadang diterima dengan bagus. Penjajahan ini cenderung terlihat kompromistis dan intelektual”.

Berdasarkan keperihatinan atas kondisi inilah BKPPI menurut Muchtar kali ini mengadakan konferensi dengan mengusung tema Membangun Kemadirian Bangsa untuk Menuju Indonesia yang Berkeadilan.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Penjajahan Jenis Baru Lebih Kompromistis dan Intelektual”

  1. ryev4 said

    Bener Banget Kata Saudara bahwa di negara kita ini masih terjajah ekonomi, budaya atau teknologi, lebih gila lagi penjajahan budaya seperti mode2 yang bisa ngerusak moral bangsa, mungkin saudara tau tipsnya untuk bisa keluar dari penjajahan yang halus ini, ditungu ya……..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: