Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Telah Dirilis, Tafsir Al-Quran Bergambar Untuk Anak

Posted by infosyiah pada 1, Februari 11, 2008

Telah Dirilis, Tafsir Al-Quran Bergambar Untuk Anak

 

Menurut laporan situs Haji, untuk pertama kalinya tafsir grafis al-Quran untuk anak TK dan SD dalam tiga bahasa; Arab, Persia dan Inggris diluncurkan oleh sebuah yayasan al-Quran Tafsir Pemuda.

Menurut Muhammad Bistuni, Direktur Operasional Yayasan al-Quran Tafsir Pemuda menyebutkan, berdasarkan ayat 82 surat al-Isra, ayat 57 surat Yunus dan ayat 44 surat Fusshilat, al-Quran merupakan penyembuh (syifa’) bagi seluruh manusia. Anak-anak tidak dikecualikan dalam hal ini dan untuk mengenalkan anak-anak dengan al-Quran, maka tafsir ini kemudian dibuat.

Bistuni menambahkan, dalam menafsirkan ayat-ayat al-Quran untuk anak ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, ayat-ayat harus dipisahkan terlebih dahulu dan kemudian hanya ayat-ayat yang berhubungan dengan anak-anak yang disiapkan buat mereka. Alasannya, bila seluruh ayat-ayat al-Quran adalah penyembuh, maka setiap orang harus memanfaatkan obat yang sesuai dengan kondisinya. Dengan alasan inilah ada sekitar 200 ayat al-Quran untuk anak yang telah dipisahkan dan dibuat dalam 30 jilid.

Bistuni menjelaskan, bila setiap kelompok umur sejak awal mengenal ayat-ayat yang sesuai dengan pemahamannya, niscaya al-Quran dapat diterapkannya. Atas dasar ini, setiap ayat-ayat yang telah dipilih semestinya khusus buat mereka. Sebagai contoh, etiket memasuki kamar orang tua, menjelaskan pertanyaan seperti siapa yang menjaga burung bisa tetap di udara dan siapa yang memberi makan hewan-hewan. Dia menilai, memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang seperti ini menguatkan rasa ingin tahunya mengenai Sang Pencipta, Allah. Dengan pertanyaan-pertanyaan ini merangsang anak untuk memahami keberadaan Allah.

Bistuni menyayangkan mengapa anak-anak harus diarahkan untuk menghapal seluruh ayat-ayat al-Quran. Menurutnya, mengetahui berbagai masalah khusus terkait dengan orang-orang dewasa sangat membahayakan keselamatan jiwa seorang anak. Artinya, bukan sebuah keharusan seorang anak harus mengetahui seluruh hukum, namun sayangnya apa yang terjadi di masyarakat Islam, seorang anak diarahkan untuk menghapal seluruh al-Quran. Cara berpikir seperti ini tidak punya dasar yang logis.

Bistuni dalam penjelasan lainnya menegaskan, agar proyek yang telah dilakukan ini tidak ditentang secara ekstrim, terlebih dahulu kami menanyakan hal ini kepada para marji dan ulama. Sebagaimana ide John Locke, setiap pembaruan senantiasa dibarengi dengan prasangka buruk orang lain dan kebanyakan penentangan muncul dari sebab ini.

Bistuni menjelaskan lebih jauh, proyek pengadaan tafsir untuk anak ini dikerjakan dalam jangka waktu 5 tahun bersama sebuah tim 200 orang yang terdiri dari para psikolog, pakar warna, ahli grafik dan lain-lain yang dilakukan dengan melakukan riset lapangan, perpustakaan dan sejarah ditambah tuntuntan Rahbar Ayatollah al-Uzhma Sayyid Ali Khamenei dan fatwa para marji.

Mengenai dicetaknya tafsir bergambar ini Bistuni menjelaskan, sebelumnya buku ini telah dicetak dalam bentuk pengujian dalam bentuk yang beragam. Sekitar 6 bulan lalu buku ini telah dicetak secara resmi dan disebarkan ke seluruh dunia.

Saat ditanya mengapa buku al-Quran bergambar disebut tafsir dia menjawab, tafsir dari sisi bahasa berarti menghilangkan ketidakjelasan. Oleh karenanya, setiap apa saja yang dapat membuat seseorang dengan mudah memahami al-Quran, maka hal itu dapat disebut tafsir.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Telah Dirilis, Tafsir Al-Quran Bergambar Untuk Anak”

  1. mahmudah said

    saya senang dengan ada tafsir bergambar.
    menurut saya menghafal surah itu penting diajarkan pada anak, karna anak-anak memiliki ingatan yang lebih baik dari pada orang tua.
    mohon informasi bila ada tafsir gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: