Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Mengenang Imad Mughniyah (Haj Ridhwan)

Posted by infosyiah pada 1, Februari 14, 2008

Mengenang Imad Mughniyah (Haj Ridhwan)

5283_444.jpg

Akhirnya sang pejuang tak kenal lelah Hizbullah itu mereguk cawan syahadah. Badan Intelijen Rezim Zionis Israel berhasil meneror Imad Mughniyah yang biasa dipanggil Haj Ridhwan di Damaskus. Haj Ridhwan adalah salah satu komandan senior Hizbullah.

Kondisi dan situasi keamanan Hizbullah di Lebanon tidak memberikan akses banyak untuk mengetahui berbagai dimensi kehidupan Imad Mughniyah. Namun cukup bila disebutkan salah satu pemimpin paling berpengaruh di Hizbullah telah menghiasi lembaran para syahid. Perang 33 hari Hizbullah vs Israel membukukan tinta emas atas namanya sebagai salah satu komandan pasukan Hizbullah.

Haj Ridhwan bergabung dengan Hizbullah sejak tahun 1982 dan sejak itu selalu menjadi aktor di balik aksi-aksi Hizbullah. Selama peperangan melawan Israel sejak tahun 1972 hingga sekarang, posisi Haj Ridhwan tidak dapat dibandingkan dengan komandan-komandan Lebanon atau Palestina.

Selama 20 tahun terakhir, tidak ada yang mengetahui wajah dan tempat tinggal Imad Mughniyah. Foto dirinya sendiri sangat sedikit yang dipublikasikan, sehingga Polisi Federal Amerika (FBI) menyatakan Imad Mughniyah telah melakukan operasi plastik sebanyak dua kali.

Namun kehadirannya di medan-medan penting senantiasa dapat dirasakan. Hari-hari ini, mereka yang paling merasa kehilangan adalah orang-orang yang bersamanya dengan gagah berani pada tahun 2000 berhasil mengusir pasukan Israel dari Lebanon Selatan dan mereka yang bersamanya memecundangi pasukan Israel di perang 33 hari. Tak diragukan lagi, di hari-hari ini, Sayyid Hasan Nasrullah bakal memakai baju yang menunjukkan belasungkawanya yang dalam atas syahidnya salah seorang yang diandalkannya.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: