Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Teror Imad Mughniyah dan Strategi Baru Israel

Posted by infosyiah pada 1, Februari 14, 2008

Teror Imad Mughniyah dan Strategi Baru Israel

Hari Selasa (12/2) sebuah bom mobil meledak di depan Gedung Keamanan Suriah di Damaskus. Berdasarkan berita ini, seorang komandan Hizbullah, Imad Mughniyah yang biasa disapa Haj Ridhwan tewas di tempat kejadian.

Ledakan bom mobil itu termasuk yang tidak pernah dibayangkan. Ledakan itu terjadi di kawasan Kufr Susah, Damaskus dengan sebuah mobil Pajero model terbaru, sehingga tidak ada yang berprasangka ada bom di dalamnya. Di kawasan itu, selain Gedung Keamanan Suriah, banyak bangunan modern yang indah, sebuah sekolah Iran, dan Kantor Polisi. Ledakan bom mobil menyisakan banyak pertanyaan karena berdasarkan data statistika, Damaskus merupakan salah satu dari lima kota teraman di dunia. Terlebih lagi, peledakan yang terjadi begitu profesional, hanya dapat dilakukan oleh badan-badan intelijen. Dan bukan tindakan gegabah bila Hizbullah menuduh Badan Intelijen Israel (Mossad) berada di balik ledakan ini.

Aksi teror yang dilakukan di kawasan Kufr Susah, Damaskus ditengarai sebagai batu loncatan pertama sebuah strategi Israel. Dan tentunya merupakan lonceng bahaya bagi Hizbullah untuk lebih waspada lagi. Beberapa alasan berikut ini dapat memperkaya data yang ada:

1. Operasi ini dilakukan tepat di Damaskus, ibu kota Suriah dilokasi yang berdekatan dengan Gedung Keamanan negara ini. Hal itu mengindikasikan agen-agen Mossad telah melakukan infiltrasi di jantung Suriah. Dan tanpa masalah sebuah operasi bom mobil dilakukan. Namun, ada pertanyaan lain yang mengganggu, apakah itu tidak bermakna bahwa ada kerja sama dengan pihak dalam?

2. Bertahun-tahun wajah, tempat dan perpindahan Imad Mughniyah dirahasiakan dan menemukannya bukan merupakan kerja yang enteng. Namun melihat operasi yang dilakukan menunjukkan gerak-gerik Imad Mughniyah tidak pernah dilepaskan. Kini Hisbullah harus mengkaji lebih jauh lagi masalah ini dan mengevaluasi kinerjanya, bagaimana bisa Israel mengetahui tempat persembunyiannya. Karena di masa perang 33 hari Hizbullah vs Israel, agen-agen Mossad tidak mampu melaksanakan aksi terornya terhadap para pemimpin Hizbullah. Namun setelah itu, mereka malah berhasil meneror Imad Mughniyah.

3. Israel tentu dengan wajah gembira menerima kabar tewasnya Imad Mughniyah sambil membanding-bandingkannya dengan Bin Laden atau Iman al-Zawahiri, namun secara resmi tidak mengakui bertanggung jawab. Tentu saja untuk memberikan kesempatan agen-agennya keluar dari Suriah dengan selamat tanpa diketahui identitasnya.

4. Analisa keamanan terjadinya teror ini menunjukkan bahwa Mossad di Suriah tidak melakukannya sendiri melainkan dibantu Badan Intelijen Amerika (CIA).

5. Propaganda apa yang dapat dilakukan oleh Israel untuk mengambil keuntungan dari aksi teror Imad Mughniyah? Israel akan mengerahkan upayanya untuk membesar-besarkan kemampuan Hizbullah bertumpu pada Imad Mughniyah. Itulah mengapa Israel menyebutkan Imad Mughniyah sebagai otak serangan rudal ke daerah-daerah zionis, penyanderaan tentara Israel sebelum perang 33 hari dan panglima tentara Hizbullah dalam perang 33 hari. Dengan membesar-besarkan ini, Israel ingin mencitrakan Hizbullah benar-benar kehilangan kekuatannya.

Benar, Hizbullah merasa kehilangan sosok pejuang, namun tidak kehilangan kekuatannya. Karena selama ini Hizbullah tidak bertumpu pada satu orang, namun sebuah kesatuan yang terdiri dari para komandan dengan pembagian tugas masing-masing. Oleh karenanya, kepergian seorang komanan tidak berarti kehancuran. Selain itu, kemampuan rudal Hizbullah yang disandarkan kepada Imad Mughniyah merupakan analisa yang tidak tepat mengenai kemampuan persenjataan Hizbullah. Mereka yang mengenal sekilas metode perang gerilya dapat mengetahui masalah ini. Terlebih lagi bila mencermati kekuatan Hizbullah dalam sepuluh tahun terakhir. Hizbullah punya sederet komandan perang dan itu dibuktikan dalam perang 33 hari melawan militer Israel. Strategi perang Hizbullah pada perang 33 hari bertumpu pada sejumlah titik koordinasi oleh sejumlah komandan yang menunjukkan kinerja bagus dan berhasil mematahkan serangan pasukan Israel.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: