Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Teror Imad Mughniyah dan Situasi Lebanon

Posted by infosyiah pada 1, Februari 15, 2008

Teror Imad Mughniyah dan Situasi Lebanon

Banyak peristiwa yang terjadi di Lebanon sekilas tidak memiliki hubungan dengan peristiwa teror Imad Mughniyah. Namun, bila dicermati maka potongan-potongan peristiwa itu dapat menuntun kita bagaimana Dinas Intelijen Amerika (CIA) bermain di Lebanon.

Teror Imad Mughniyah dilakukan ketika Lebanon tengah menghadapi krisis terberatnya. Bila menengok situasi Lebanon seminggu sebelumnya menunjukkan rencana terperinci CIA dan Mossad untuk meneror Imad Mughniyah dan menciptakan perang saudara di Lebanon. Beberapa hari sebelum ini, Michel Aoun menyatakan, Kelompok 14 Maret pro Barat tengah mempersiapkan kesempatan serangan baru Israel ke Lebanon. Hari-hari terkakhir Lebanon juga mencatat terjadinya bentrokan bersenjata antara kelompok Syiah Amal dan pasukan kelompok 14 Maret pro Barat di Selatan Beirut.

Beberapa jam sebelum teror Imad Mughniyah, Deputi Menteri Pertahanan Amerika bersama delegasi beranggotakan 10 orang dari militer dan dinas intelijen Amerika tanpa pemberitahuan sebelumnya tiba di Beirut.

Samir Geagea penentang keras Hizbullah dan merupakan kaki tangan Israel menangguhkan lawatannya ke Amerika dengan alasan krisis yang terjadi di negaranya.

Kedutaan Besar Amerika di Beirut melakukan langkah yang cukup aneh karena dalam pengumuman yang dikeluarkan meminta kepada warga Amerika yang tinggal di Beirut tidak keluar rumah bila tidak perlu pada hari Rabu dan Kamis dan benar-benar memperhatikan masalah keamanan.

Namun hal paling penting dari semua itu adalah dirilisnya laporan Winograd setebal 600 halaman yang mengakui kekalahan telak Israel dalam perang 33 hari di Lebanon menghadapi Hizbullah. Pemerintahan Ehud Olmert, Perdana Menteri Israel terancam hancur, dan untuk menutupi rasa malu dan mencegah kehancuran pemerintahannya dia harus melakukan sesuatu. Olmert berpikiran bahwa menyelesaikan dokumen lama yang telah berumur 26 tahun mungkin dapat menjadi obat penenang dan kebesaran besar bagi pemerintahannya.

Apa pun pandangan orang mengenai Imad Mughniyah, namun darah syahid Imad Mughniyah malah membuat semangat perjuangan para pejuang Islam Lebanon dan Palestina menjadi berlipat ganda dan mempercepat kehancuran Israel.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: