Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Arab Saudi Berencana Mengubah Populasi di Daerah Permukiman Syiah

Posted by infosyiah pada 1, Februari 20, 2008

Arab Saudi Berencana Mengubah Populasi di Daerah Permukiman Syiah

Akhir-akhir ini, para pejabat Arab Saudi berupaya untuk mengubah populasi penduduk di Selatan negaranya. Tujuannya untuk menyeimbangkan komposisi orang Syiah di sana. Langkah yang diambil adalah menerima dan menempatkan orang-orang Yaman di daerah-daerah yang mayoritasnya bermazhab Syiah.

Menurut laporan Farda dengan mengutip Al-Quds Al-Arabi yang menulis, orang-orang Syiah Arab Saudi meminta kepada pemerintahnya untuk membatalkan rencana penempatan orang-orang Yaman di daerah-daerah yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah.

Masih dari laporan Al-Quds Al-Arabi, para pemeluk mazhab Syiah Arab Saudi di daerah Najran yang berbatasan dengan negara Yaman sejak dua tahun lalu menyampaikan keinginan mereka kepada Raja Abdullah. Orang-orang Syiah Najran meminta agar proyek permukiman orang-orang Yaman di daerah mereka segera dihentikan. Namun permintaan mereka tidak pernah digubris. Dalam proyek ini, lebih dari 10 ribu orang-orang Yaman diberi tempat tinggal yang disiapkan pemerintah Arab Saudi di daerah Najran.

Disebutkan pula, secara resmi orang-orang Syiah Najran telah menyampaikan sikap protes mereka surat ke Amir Najran, agar proyek tersebut dihentikan, selain aksi-aksi kekerasannya terhadap penduduk Syiah Najran. Dalam pernyataan itu, disebutkan pejabat-pejabat daerah tidak memperhatikan perintah Raja Abdullah sesuai dengan permintaan mereka.

Amir Najran sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan bahwa rencana permukiman orang-orang Yaman memang sengaja dilakukan.

Kota Najran adalah pusat sejarah Syiah Ismailiyah. Pada tahun 2000 terjadi konflik bersenjata antara orang-orang Syiah di sana dengan pemerintah. Orang-orang Syiah di sana mengatakan bahwa konflik itu masih satu paket dengan rencana untuk mengurangi populasi orang-orang Syiah di sana. Dan rencana permukiman orang-orang Yamani di sana akan membuat situasi sosial di sana menjadi tidak aman.

Sampai saat ini, para pejabat Arab Saudi tidak pernah menjawab secara transparan masalah ini.

Orang-orang Syiah Ismailiyah menjadi mayoritas di daerah Najran. Pada sensus penduduk yang dilakukan pada tahun 2004 disebutkan jumlah orang-orang Syiah sekitar 420 ribu orang.

Kondisi terakhir di Najran, di setiap jalan papan baliho yang terpasang di sana kebanyakan berisikan ucapan terima kasih penduduk Yaman yang bermukim di sana kepada para pejabat daaerah setempat. Karena dana pembangunan itu ditanggung oleh pemerintah setempat. Proyek itu mencakup pembangunan apartemen Fakhir, rumah-rumah tinggal satu tingkat, listrik dan penerangan jalan.

Seorang penduduk Najran bermazhab Syiah mengatakan, “Proyek yang dilakukan ini sangat diskriminatif. Karena fasilitas yang diberikan kepada penduduk Yaman di sana tidak ditemukan di permukiman Syiah. Jangankan fasilitas, mereka bahkan tidak punya kemampuan untuk membeli tanah untuk membangun rumah. Namun sebaliknya, bahkan kepada anak kecil yang dibawa dari Yaman pasti diberikan tanah.”[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: