Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Perusahaan Minyak Raksasa Internasional Berebut Tender di Irak

Posted by infosyiah pada 1, Februari 21, 2008

Perusahaan Minyak Raksasa Internasional Berebut Tender di Irak

Lebih dari 70 perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang perminyakan berlomba-lomba berebut proyek-proyek perminyakan di Irak. Perusahaan-perusahaan raksasa minyak dunia segera mengajukan proposal pengembangan lahan-lahan minyak Irak kepada Kementerian Perminyakan negara ini. Perusahaan pemenang tender itu akan diumumkan bulan depan dan dengan sendirinya bakal mengantongi perizinan melakukan aktivitas di lingkungan industri perminyakan Irak.

Sebelum ini, sebagian perusahaan-perusahaan minyak telah menandatangani kerja sama perminyakan di daerah otonomi Kurdistan Irak. Namun apa yang dilakukan itu tidak disetujui oleh pemerintah Baghdad. Pemerintahan Nouri Al-Maliki bahkan mengancam bahwa kerja sama yang telah dilakukan itu bakal dibatalkan.

Saat ini, perusahaan-perusahaan minyak Amerika yang aktif bekerja sama dengan industri perminyakan Irak. Hussein Al-shahristani, Menteri Perminyakan Irak menyatakan Undang-Undang (UU) perminyakan Irak telah diratifikasi hingga akhir tahun 2008. Isi UU perminyakan Irak itu merekomendasikan peningkatan jumlah produksi dan ekspor minyak Irak hingga tiga kali lipat selama lima tahun mendatang dan perluasan kerja sama di bidang industri perminyakan demi pengembangan industri minyak Irak.

Hal yang perlu dicermati lebih adalah keinginan perusahaan minyak Perancis, Total untuk bermain di pasar-pasar minyak Irak. Dan untuk itu, perusahaan ini akan mengadakan konferensi di Paris. Namun yang paling menarik adalah perusahaan ini juga punya misi lain, mengembalikan para eksponen Partai Baath di bisnis minyak Irak dengan formasi yang baru. Sebagian berita malah menyebutkan, para eksponen Partai Baath bakal hadir dalam konferensi yang diprakarsai oleh perusahaan Total di Paris pada tanggal 25 Februari dan bakal ada agenda khusus pertemuan antara para pejabat Total Perancis dengan mereka.

Pelelangan tender minyak yang disampaikan oleh pemerintah Irak membuat mayoritas perusahaan minyak internasional tergiur. Namun tentu saja, setiap perusahaan minyak internasional yang ingin beroperasi di Irak tidak hanya mencari keuntungan pribadi, tapi ingin menancapkan pengaruhnya di negara ini. Rusia adalah negara yang selama ini menyatakan kesediaannya untuk ikut dalam proyek-proyek minyak Irak dan perusahaan Total Perancis telah siap untuk kembali melakukan aktivitasnya di industri perminyakan Irak. Di sisi lain, untuk membangun kembali negaranya, Irak memerlukan modal yang tidak sedikit. Irak membutuhkan para pemodal luar negeri dan menyambut para pemodal yang ingin menanam modalnya di negerinya.

Kebutuhan timbal balik antara Irak dan perusahaan-perusahaan minyak internasional membuat pemerintah Baghdad harus benar-benar memperhatikan maslahat dan kepentingan nasionalnya. Itulah mengapa perjanjian kerja sama dengan perusahaan-perusahaan internasional menjadi perhatian utamanya. Menurut pemerintah Baghdad harus ada transparansi dalam setiap kerja sama yang dilakukan dan hanya satu pengambil keputusan. Dengan alasan itu pula Baghdad mengancam akan membatalkan nota kesepakatan antara sebagian perusahaan minyak internasional dengan pemerintah otonomi Kurdistan karena dilakukan tanpa sepengetahuan pemerintah pusat.[infosyiah]

3 Tanggapan to “Perusahaan Minyak Raksasa Internasional Berebut Tender di Irak”

  1. rininta said

    wah…info na pantas diacungijempol..top bgt d!
    makasih y, berkat anda wawasan saya jadi bertambah,,.
    terima kasih…

  2. subiwulan said

    Wah, emang yah. ketahuan banget semua perang di dunia disebabkan oleh Barat dan minyak.ngudeng gak?

  3. subiwulan said

    pesan tuk irak :
    ” hati” saudaraku..jgn pernah pernah engkau terbuai akan kelimpahan minyak yg kau miliki. pergunakanlah ia dengan bijak untuk kesejahteraan rakyatmu, bukan tuk yg lain..ambillah pelajaran dari sejarah, dalam bisnis kawan atw lawan sama berbahayanya, so beware…jgn mudah percaya pda negara barat krna dalam stiap statement mereka terkandung berbagai makna…
    jgnlah engkau terjatuh k dlm jebakan mereka,,
    full of love
    to my family
    “iraq”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: