Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Ada Apa Dibalik Sikap Keras Kepala Mahmoud Abbas Berunding dengan Olmert?

Posted by infosyiah pada 1, Februari 22, 2008

Ada Apa Dibalik Sikap Keras Kepala Mahmoud Abbas Berunding dengan Olmert?

Beberapa bulan terakhir ini, dunia menyaksikan penderitaan warga Palestina di Jalur Gaza. Rezim Zionis Israel dengan bengis memblokade Gaza. Tidak hanya bahan bakar dan pangan yang ditahan, namun juga obat-obatan. Masih merasa kurang sadis, Rezim Zionis malah menghentikan pasokan listrik. Dampaknya, warga Gaza harus melalui hari-harinya dengan dingin dan gelap. Korban berjatuhan hanya karena tidak mendapatkan pelayanan medis yang cukup, karena kekurangan obat-obatan. Mereka yang sakit tidak diperbolehkan keluar dari Gaza, sekalipun hanya pergi ke Tepi Barat Sungai Jordan untuk mendapatkan perawatan semestinya. Semua ini, ditambah dengan serangan udara maupun darat yang dilakukan militer haus darah Rezim Zionis Israel terhadap rakyat tak berdosa.

Ironisnya, di tengah kondisi Jalur Gaza yang memprihatinkan itu, Mahmoud Abbas, Pemimpin Otorita Palestina melakukan pertemuan dengan Ehud Olmert, Perdana Menteri Rezim Zionis Israel. Pada hari Selasa (19/2), keduanya bertemu dalam rangka membicarakan perbedaan pendapat terkait kesepakatan Konferensi Annapolis. Mahmoud Abbas yang menyatakan dirinya sebagai Pemimpin Otorita Palestina bukannya memrotes sikap Rezim Zionis Israel yang membantai warga Palestina, malah duduk bersama untuk berdamai. Seusai Konferensi Annapolis di musim gugur tahun 2007, Abbas dan Olmert telah beberapa kali melakukan perundingan dalam rangka membicarakan perdamaian tetap Palestina-Israel di tahun 2008.

Namun sayangnya, atau untungnya, pertemuan mereka tidak pernah membuahkan hasil. Bahkan setelah muncul krisis dalam negeri Israel dan dimulainya proses pemilihan kaukus di Amerika, proses perdamaian Palestina-Israel mengalami kemandekan. Tanpa pernah menjelaskan sebab-sebab kegagalan perundingannya dengan Olmert, Abbas hanya mengatakan, “Tanpa perubahan sikap Israel, tidak ada yang dapat dihasilkan dari perundingan ini.” Mereaksi pernyataan Mahmoud Abbas itu, kelompok-kelompok perjuangan Palestina meminta agar Abbas segera menghentikan perundingan dengan Olmert.

Pada prinsipnya, Ehud Olmert, Perdana Menteri Israel tidak berada dalam posisi yang mampu melakukan perundingan serius dengan Mahmoud Abbas. Karena setelah dirilisnya laporan Komite Winograd, muncul krisis politik yang menghantam pemerintahan dan kabinetnya. Belum lagi partai-partai koalisi yang ada di sana senantiasa mengikuti dengan cermat perundingannya dengan Abbas. Sikap mereka jelas, bakal menolak setiap ide Olmert yang ingin memberikan insentif kepada pihak Palestina. Pemerintah Israel kini tengah mengebut pembangunan dan perluasan permukiman zionis. Dan Ehud Olmert telah menyatakan bahwa masalah Baitul Maqdis untuk sementara tidak dapat dirundingkan. Mencermati kondisi yang ada, Olmert telah memosisikan dirinya di atas angin.

Kelompok-kelompok perjuangan Palestina menilai, pertemuan Abbas dengan Olmert tidak memberikan manfaat apa pun kepada bangsa Palestina. Bahkan sebaliknya, hanya menguntungkan politik agresi Rezim Zionis Israel. Kini, Gaza dalam blokade ketat Rezim Zionis Israel. Ehud Olmert sendiri memerintahkan militernya untuk menyerang Gaza dan meneror para pemimpin kelompok-kelompok perjuangan Palestina.

Mencermati kondisi yang ada, para pejuang Palestina mengingatkan kembali bagaimana sejak tahun 1993, 16 tahun perundingan Palestina-Israel tidak pernah membuahkan hasil. Bahkan semua itu menjadi bukti kebiadaban Rezim Zionis Israel, karena mereka tidak pernah melaksanakan semua kesepakatan yang telah dicapai. Dan lagi-lagi, rakyat Palestina yang harus membayar semua itu dengan nyawa mereka. Sadarlah Abbas![infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: