Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Partai Republik, Kalah Sebelum Tanding

Posted by infosyiah pada 1, Februari 27, 2008

Partai Republik, Kalah Sebelum Tanding

Departemen Pertahanan AS yang akrab disapa Pentagon kembali mengeluarkan instruksi kontroversial. Berdasarkan keputusan baru, Pentagon akan menambahkan jumlah tentara hingga 140 ribu personel. Komandan Operasi Staf Gabungan Militer AS, Jenderal Carter Ham, mengatakan, “Jumlah tentara AS kembali ditingkatkan.” Langkah ini tentunya mengundang teka-teki strategi baru Washington di negeri 1001 Malam. Padahal, AS beberapa bulan terakhir menggembar-gemborkan pengurangan jumlah tentara di Irak. Bahkan pada bulan Juni tahun lalu, Washington mengurangi jumlah pasukannya hingga 132 ribu personel.

Pada saat yang sama, keputusan penambahan jumlah personel di AS dibarengi dengan berbagai pernyataan pejabat Baghdad mengenai membaiknya kondisi di Irak. Dengan demikian, penambahan personel militer AS sama sekali tidak dapat dijadikan alasan untuk kepentingan dalam negeri Irak. Jika benar-benar memperhatikan perkembangan kemananan di negeri ini setelah pasukan pendudukan dikurangi, Washington sudah seharusnya mengurangi jumlah personel bukan malah menambahkannya.

Mengamati kepentingan di balik penambahan tentara AS di Irak, para analis politik menghubungkan kebijakan tersebut dengan pemilu presiden AS, tahun 2008. Menurut mereka, keberhasilan senator John McCain dalam pemilu kaukus Partai Demokrat disebut-sebut sebagai hal yang sangat erat hubungannya dengan kondisi yang relatif aman di Irak. Untuk itu, McCain dapat mengalahkan rival-rival kuatnya dari kubu konservatif dan mendapatkan posisi teratas.

Tentunya, kelanjutan strategi yang ditempuh senator Arizona tidak akan mudah seperti yang dibayangkan, khususnya pada kondisi ketika ia harus menghadapi kandidat Partai Demokrat. Bisa jadi penambahan tentara di Irak sebagai kartu truf untuk berkompetisi di pemilu Partai Republik. Akan tetapi, kartu itu akan menjadi senjata makan tuan ketika menghadapi kandidat Partai Demokrat dalam ajang kampanye sesi akhir. Dengan demikian, langkah tersebut pada akhirnya akan merugikan Partai Republik.

Analisa tersebut juga membuktikan bahwa persaingan di dalam kubu Partai Republik sangat tidak sehat. Anehnya, partai ini berani melakukan langkah demi kemenangan sesaat. Bisa jadi langkah yang ditempuh partai berkuasa di AS sengaja dilakukan, karena memang sudah pesimis untuk berhadapan dengan Partai Demokrat. Dengan kebijakan meningkatkan jumlah tentara di Irak untuk kepentingan jangka pendek, Partai Republik harus menerima kekalahan sebelum bertanding. Padahal hasil polling menunjukkan bahwa sebagian besar pemilih independent menentang perang di Irak. Suara pemilih independen sangat menentukan kemenangan dan nasib kandidat Partai Demokrat dan Partai Republik dalam ajang kampanye akhir.

Selain itu, para pendukung senator Barack Obama mendukung berakhirnya perang di Irak. Hal inilah yang membuat Obama lebih unggul dari senator Hillary Clinton. Dengan demikian, pemilu presiden AS, tahun 2008, sangat ditentukan dengan sikap kandidat dalam menyikapi masalah perang di Irak yang sudah berlangsung selama lima tahun. Dalam kondisi seperti ini, Partai Republik mengambil langkah yang sangat konyol. Selamat tinggal Partai Republik![infosyiah]

Satu Tanggapan to “Partai Republik, Kalah Sebelum Tanding”

  1. teeway said

    Katanya temen gue yang di Amrik, Barack Obama pernah sekolah di madrasah di Indonesia, benar nggak, gue lagi nyari infonya mengenai otobiografinya..

    menurut temen gue itu, bapak tirinya adalah orang Indonesia namanya Lolo siapa gitulah… ntar gue cari tau dulu, tapi bagi yang udah tau, kasih info donk…

    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: