Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Tempat Dikebumikan Kepala Imam Husein as

Posted by infosyiah pada 1, Februari 28, 2008

Tempat Dikebumikan Kepala Imam Husein as

Terkait dengan tempat dikebumikannya kepala Imam Husein as, sumber-sumber yang disebutkan oleh buku sejarah Syiah dan Ahli Sunnah berbeda pendapat dan dapat dikumpulkan menjadi 6 pendapat:

1. Kepala dan badan beliau tersambung kembali. Pendapat ini disepakati oleh Syiah maupun Sunni. Ulama Syiah seperti Syekh Shaduq (W 381), Sayyid Murtadha Alam al-Huda (W 436), Naisyaburi (W 508), Ibn Nama al-Hilli, Sayiid Ibn Thawus (W 664), Syekh Baha’i dan Majlisi berpendapat demikian.

Syekh Shaduq menulis, “Ali bin Husein as. bersama para wanita keluar dari Syam dan kepala Imam Husein as. dikembalikan ke Karbala.” (al-Amali, Majelis 31, hal 232)

Sementara dari ulama ahli Sunnah seperti, Abu Raihan al-biruni (W 440) menulis, “Dan pada hari ke dua puluh (Shafar), kepala Imam Husein as. Dikembalikan ke tubuhnya dan kemudian dikebumikan bersam badannya.” (al-Atsar al-Baqiyah ‘an al-qurun al-Khaliyah, hal 331).

2. Kepala Imam Husein as. berada di samping Imam Ali as, ayahnya. (Ibn Qaulawaih Qummi, Faidh al-Qadir, jilid 1, hal 205)

3. Kepala Imam Husein as. berada di masjid Riqqah, di dekat sungai Furat.

4. Kepala Imam Husein as. berada di Baqi’, berdekatan dengan kuburan ibunya, Fathimah al-Zahra as.

5. Kepala Imam Husein as. berada di Damaskus.

6. Kepala Imam Husein as. berada di Kairo. (Sibth bin Jauzi, Tadzkirah al-Khawash, hal 265-266, Sayyid Muhsin Amin al-Amili, A’yan al-Syiah, jilid 1, hal 626-627)

Denganmencermati 6 pendapat dan penukilan yang ada, tampaknya pandangan pertama yang mewakili pandangan yang masyhur bahwa kepala Imam Husein as. dikembalikan dari Damaskus ke Karbala. Dengan demikian, penyambungan kepala Imam Husein terjadi pada hari ke 20 bulan Shafar dan dilakukan sendiri oleh Imam Ali bin Husein as.[infosyiah]

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: