Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Kesiapan Hamas Untuk Mengakhiri Krisis

Posted by infosyiah pada 1, Februari 29, 2008

Kesiapan Hamas Untuk Mengakhiri Krisis

Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) kembali menyatakan kesiapannya untuk mengakhiri perselisihan dan urgensi perundingan tanpa syarat dengan para pejabat Otoritas Palestina. Sebelum ini, Mahmud Abbas, Ketua Otoritas Palestina, menyambut kesediaan Yaman untuk berperan sebagai mediator perundingan antara Fatah dan Hamas. Pengembalian kondisi Gaza kepada sebelum berkuasanya Hamas di kawasan ini, pelaksanaan pemilu dini dan dimulainya dialog-dialog berdasarkan kesepakatan Makkah untuk menghapus perselisihan-perselisihan di tahun 2007, merupakan bagian dari isi rancangan yang diajukan oleh Yaman.

Berdasarkan rancangan tersebut, Otoritas Palestina akan terbentuk dan terdiri dari ketua terpilih, parlemen terpilih, dan Pemerintahan Persatuan Nasional Palestina. Meskipun Mahmud Abbas telah mengatakan bahwa ia menyambut rancangan Yaman itu, akan tetapi para pemimpin Hamas meragukan sikap para pejabat Otoritas Palestina ini. Mereka meyakini bahwa rancangan Yaman tidak sedemikian serius bagi para pejabat Otoritas.

Berlanjutnya konspirasi terhadap Hamas dan pemerintahan terpilih Ismail Haniyyah, demikian pula berlanjutnya kerjasama Mahmud Abbas dan berbagai instansi keamanan rezim zionis, termasuk diantara alasan-alasan Hamas untuk menilai tidak seriusnya para pejabat Otoritas Palestina untuk menjalin perdamaian dan penyelesaian perselisihan interen. Pada saat rakyat Palestina di Gaza berada di bawah embargo ketat rezim zionis dan menghadapi krisis bahan makanan dan obat, Mahmud Abbas masih saja bersedia duduk di meja perundingan yang tak pernah membuahkan hasil, dengan Ehud Olmert, PM rezim zionis.

Pengeboman berulang-ulang terhadap Gaza dan terhalangnya rakyat Palestina dari hak-hak mereka yang paling sederhana, telah menciptakan tragedi kemanusiaan di Gaza. Akan tetapi Mahmud Abbas sama sekali tidak pernah memperdulikan saudara-saudara sebangsanya yang tengah terkubur hidup-hidup di Gaza, dan masih saja menebar senyum lebar dalam pertemuan-pertemuan sia-sianya dengan Olmert. Padahal Olmert sendiri mengatakan bahwa perdamaian dengan Palestina tidak akan terjadi di tahun 2008.

Dalam pemilunya yang demokratis pada bulan Januari 2006, rakyat Palestina telah menyatakan dukungan mereka terhadap perjuangan menentang rezim zionis. Kini tokoh-tokoh pilihan mereka ini, dengan berkali-kali memperingatkan adanya konspirasi-konspirasi AS dan Israel, menjulurkan tangan persahabatan dan perundingan kepada saudara-saudara mereka di Otoritas Palestina, untuk mengajak mereka bersatu, menghadapi penjajah mereka, dan merebut kembali hak-hak bangsa ini. Apakah persatuan diantara mereka ini akan berhasil? Mudah-mudahan.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: