Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1803 Anti-Iran Tidak Sah

Posted by infosyiah pada 1, Maret 5, 2008

Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 1803 Anti-Iran Tidak Sah

Mohammad Khazaee, Duta Besar Iran untuk PBB kembali menegaskan bahwa aktivitas nuklir Iran hanya untuk tujuan damai dan itu dibuktikan oleh laporan terbaru Dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA). Dengan alasan itu, Khazaee menilai ratifikasi Resolusi 1803 Dewan Keamanan PBB anti-Iran tidak sah.

Dewan Keamanan PBB pada hari Senin (3/3) meratifikasi draft resolusi usulan Barat yang berlandaskan klaim kosong dan tuduhan bohong serta telah dipolitisasi oleh Amerika dan sekutunya. Resolusi No. 1803 merupakan resolusi ketiga dalam dua tahun terakhir yang berisikan sanksi terhadap Iran. Masalah dikeluarkannya resolusi ketiga ini dapat dicermati dari dua sudut:

Pertama, Resolusi 1803 ini dikeluarkan bersamaan dengan laporan positif Muhammad Elbaradei, Dirjen IAEA kepada Dewan Gubernur IAEA dalam sidang tahunannya. Dalam laporan yang diserahkan kepada Dewan Gubernur IAEA, disebutkan bahwa seluruh masalah program nuklir sipil Iran yang sebelum ini tersisa telah selesai karena kerja sama positif Iran dengan IAEA.

Kedua, ratifikasi resolusi ketiga anti-Iran yang dilakukan DK PBB terlalu tergesa-gesa. Apa yang terjadi ini menunjukkan bagaimana mereka yang menyusun draft resolusi ini menganggap laporan IAEA tidak punya nilai. Bagi mereka, yang terpenting adalah memaksakan kepentingan politik mereka atas Dewan Keamanan PBB. Oleh karenanya, Resolusi No. 1803 anti-Iran disusun berdasarkan klaim kosong dan tuduhan bohong yang telah dipersiapkan sebelunya sebelum laporan IAEA. Dikeluarkannya resolusi ketiga anti-Iran membuktikan bahwa substansi Resolusi 1803 punya kecenderungan politik, ketimbang diserahkan dan diselesaikan secara teknis oleh para pakar di IAEA.

Apa yang dilakukan DK PBB ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh para pejabat Perancis. Sebelum ini mereka menyatakan bahwa tidak penting bagi Perancis apa yang bakal dilaporkan Elbaradei, Dirjen IAEA soal nuklir sipil Iran. Yang penting adalah pandangan Dewan Keamanan PBB. Sementara perwakilan Amerika, Inggris dan Perancis dalam sidang-sidang pendahuluan DK PBB melakukan propaganda terkait masalah nuklir Iran. Apa yang dilakukan oleh tiga negara ini benar-benar menggambarkan bagaimana DK PBB dalam tekanan berat beberapa negara Barat. Hal ini tentu saja menyebabkan menurunnya kredibilitas DK PBB sendiri yang tugas utamanya adalah untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Tentu saja, Resolusi 1803 diputuskan DK PBB dalam kondisi yang tidak sehat dan ujung-ujungnya, resolusi ini tidak dapat dibenarkan. Langkah selanjutnya negara-negara Barat adalah mengulangi permintaan agar Iran menangguhkan proses pengayaan uraniumnya. Sebuah permintaan ilegal dan melanggar Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT). Melihat kenyataan ini, Republik Islam Iran tidak akan menerima permintaan yang tidak punya dasar hukum.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: