Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Pemilu Spanyol dan Bayang-Bayang Teror

Posted by infosyiah pada 1, Maret 10, 2008

Pemilu Spanyol dan Bayang-Bayang Teror

Warga Spanyol, Ahad ini (09/03) menggelar pemilu parlemen. Namun, pemilu kali ini pun juga tak luput dari ancaman serangan teroris, sebagaimana pemilu tahun 2004 sebelumnya. Jumat lalu, dua hari sebelum digelarnya pemilu, Isaias Carrasco, seorang mantan anggota dewan kota Mondragon, wilayah Basque, yang juga anggota partai Sosialis (PSOE) tewas dalam peristiwa teror. Namun, gerakan separatis ETA yang kerap menjadi biang operasi teror di Spanyol, hingga kini masih belum mengaku bertanggung jawab atas aksi pembunuhan tersebut. Menyikapi insiden ini, segenap partai-partai politik di Spanyol serentak mengutuk aksi teror tersebut.

Upacara pemakaman anggota partai sosial ini pun berubah menjadi ajang kampanye partai penguasa dan oposan Spanyol untuk menggasak kelompok separatis Basque (ETA). Kejadian ini mengingatkan kembali pada kasus pemilu berdarah Spanyol di tahun 2004. Saat itu, tiga hari menjelang digelarnya pemilu, terjadi ledakan di tiga stasiun subway kota Madrid. Sekitar 191 orang tewas dalam insiden tersebut. Peristiwa teror ini mengubah barometer politik di Spayol, karena, tanpa diduga, partai Sosialis muncul sebagai pemenang pemilu. Pasca tragedi ledakan subway Madrid, partai-partai konservatif berusaha menuding gerakan separatis ETA sebagai dalang tragedi tersebut.

Namun, bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa ledakan tersebut dirancang oleh jaringan teroris AlQaeda. Aksi ini dinilai sebagai reaksi AlQeada atas keterlibatan pemerintah Spanyol dalam mendukung politik militeristik Washington. Kala itu, lebih dari 90 persen warga Spanyol menentang kebijakan pro-AS pemerintah konservatif, pimpinan Jose Maria Aznar.

Kini, munculnya aksi teror yang menimpa satu anggota partai Sosialis, tampaknya merupakan moment yang tepat untuk menjaring suara dan simpati rakyat Spanyol dalam pemilu kali ini. Segenap partai-partai politik, baik dari kubu penguasa maupun oposan berusaha memanfaatkan insiden teror ini sebagai bahan kampanye. Partai Sosialis, sebagai pihak yang berkabung, mengajak rakyat berpartisipasi secara maskimal dalam pemilu. Partai Sosialis berdalih, partisipasi luas rakyat Spanyol dalam pemilu merupakan sebentuk kecaman dan perang melawan gerakan separatis ETA.

Meski demikian, hingga kini masih sulit untuk meramalkan sejauhmana pengaruh insiden teror tersebut terhadap hasil pemilu parlemen Spanyol tahun ini. Persaingan di antara kubu penguasa dan oposisi betu ketat. Namun, peluang kemenangan kubu penguasa, di bawah kendali partai Sosialis, bisa terbuka lebar, jika tingkat partsipasi rakyat dalam pemilu meningkat.

Wajar, jika Partai Sosialis belakangan ini begitu gigih mengajak rakyat Spanyol ikut pemilu. Sesuai aturan pemilu, sejak tanggal 3 Maret lalu, pemasangan poling di media massa telah dilarang. Berdasarkan hasil akhir poling yang digelar oleh koran Times cetakan Inggris, pada tanggal 7 Maret lalu, partai sosiali unggul 4 persen di banding pesaing terdekatnya, Partai Populer (PP). Masih menurut hasil poling ini, Jose Luis Rodriguez Zapatero masih bisa berharap tetap bertahan di kursi perdana menteri selama 4 tahun ke depan.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: