Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Tokoh Syiah Kuwait Ditahan, Tentara Negara Ini Siaga Penuh

Posted by infosyiah pada 1, Maret 11, 2008

Tokoh Syiah Kuwait Ditahan, Tentara Negara Ini Siaga Penuh

Pada hari Senin (10/3), pemerintah Kuwait menahan Ayatollah Syeikh Hasan Ma’tuq, salah satu ulama Syiah paling terkenal di Kuwait yang berujung pada protes keras rakyat Kuwait dan dampaknya, pasukan anti huru-hara negara ini disiagakan penuh.

Menurut laporan Shiah News mengutip Fars, 10 buah mobil pasukan keamanan Kuwait menghentikan mobil yang membawa Syeikh Hasan Ma’tuq, Sekjen Partai Koalisi Islam-Nasionalis Kuwait dan membawanya ke Badan Keamanan Nasional guna ditanyai. Sejatinya, Syeikh Hasan Ma’tuq sedang dalam perjalanan menuju masjid Imam Husein di daerah bundaran Hauli, di kota Al-Salimiah untuk menjadi imam salat maghrib dan ‘Isya di sana.

Laporan tidak resmi menyebutkan bahwa penyidikan Ayatollah Syeikh Hasan Ma’tuq terkait dengan kehadirannya dalam acara mempertingati syahadah Imad Mughnieh, salah satu komandan Hizbullah yang diteror Israel.

Sebelum ini, pemerintah Kuwait telah melakukan investigasi terhadap Adnan Abdussamad dan Ahmad Lari, anggtoa parlemen Kuwait, Sayyid Walid Al-Mazidi dan Abdul Amir al-‘Atthar, khatib terkenal Syiah, Doktor Nasser Sharkouh, dosen terkenal Syiah dan mantan anggota parlemen, beberapa anggota DPRD Kuwait dan beberapa aktivis dengan tuduhan yang sama, ikut dalam acara peringatan syahadah Imad Mughnieh. Penahanan dan penyidikan yang dilakukan menuai rasa tidak puas warga Kuwait yang bermazhab Syiah yang ditunjukkan dengan protes. Tampaknya, langkah yang ditempuh pemerintah menjadi pemicu sebuah ketegangan politik baru di Kuwait.

Berita penahanan Ayatollah Syeikh Hasan Ma’tuq membuat ratusan orang melakukan unjuk rasa berjalan menuju Gedung Badan Keamanan Nasional Kuwait. Hal ini membuat pasukan anti huru-hara dalam kondisi siaga penuh. Dilaporkan bahwa lebih dari 500 pasukan keamanan disiapkan untuk membubarkan unjuk rasa itu.

Tidak cukup, pasukan keamanan daerah al-Najdah dikerahkan untuk menutup jalan-jalan yang menuju tempat unjuk rasa dan memblokade jalur masuk ke Gedung Badan Keamanan Nasional Kuwait. Pada pukul 20.45 Senin malam, pengunjuk rasa semakin membludak dan memaksa pemerintah Kuwait menurunkan dua tim keamanan khusus dengan didukung oleh kendaran lapis baja menuju daerah itu.

Para pengunjuk rasa menuntut agar Ayatollah Syeikh Hasan Ma’tuq segera dibebaskan. Mereka meneriakkan slogan, Allahu Akbar, Laa Ilaaha Illallah, Muhammad Rasulullah, Haihata Minnadzillah! Ajjil, Ajjil Ya Maulaya Yaa Shahib Az-Zaman af! Labbaika Ya Husein! Israel Aduwwullah! Amrika Aduwwullah! Kami semua berada di sisi rohaniwan! Pemerintah harus segera bebaskan sanderanya! Kami mati, kami mati, tapi Kuwait tetap jaya! Selain kepada Allah, kami tidak akan tunduk kepada kekuatan apa pun! Ulama adalah garis merah yang tidak boleh dilanggar.

Demonstrasi ini diliput oleh puluhan wartawan dari dalam dan luar negeri. Sumber-sumber keamanan Kuwait dalam wawancaranya dengan koran Kuwait Alqabas menjelaskan, satuan pasukan khusus masih tetap siaga karena dimungkinkan beberapa jam lagi bakal terjadi perubahan.

Orang-orang Syiah Kuwait saling mengirimkan SMS agar pada hari Senin pukul 19.30 malam hadir di tempat unjuk rasa dan melanjutkan demosntrasi itu.

Pemerintah Kuwait telah mengeluarkan senarai nama-nama sekitar 1.500 orang yang ikut hadir dalam memperingati syahadah Imad Mughnieh dan menyatakan bahwa orang-orang asing yang ikut acara akan dicabut kembali izin tinggalnya, sementara warga Kuwait yang ikut akan diadili.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: