Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

John McCain: Saya Dukung Baitul Maqdis Jadi Ibu Kota Israel!

Posted by infosyiah pada 1, Maret 20, 2008

John McCain: Saya Dukung Baitul Maqdis Jadi Ibu Kota Israel!

Kandidat resmi Partai Republik, John McCain dalam kunjungan terakhirnya di Timur Tengah melawat Palestina pendudukan. Sebelum ini, McCain mengunjungi Irak dan Yordania. McCain pada bulan November tahun ini akan bersaing dengan kandidat dari Partai Demokrat antara Hillary Clinton atau Barrack Obama. Dan tampaknya, McCain telah mencuri start kampanye pemilihan calon presiden Amerika. Terlebih lagi bila jeli menyimak apa yang disampaikannya selama lawatannya, McCain ternyata mengulang kembali pernyataan George W. Bush selama kunjungan beberapa harinya di Timur Tengah.

Kandidat Partai Republik yang juga Senator dari negara bagian Arizona ini tengah berusaha memunculkan propaganda anti-Iran untuk membenarkan keharusan kehadiran militer Amerika di Irak. Namun, pertemuan-pertemuan yang dilakukannya dengan para pejabat Irak tidak membawa hasil. Sebaliknya, para pejabat tinggi Irak di hadapan McCain menyatakan bahwa Iran punya peran positif bagi Irak.

Bila dilihat dari keseluruhan safari McCain ke Timur Tengah, maka perjalanannya ke Palestina pendudukan jauh lebih disoroti media-media massa Amerika, ketimbang lawatannya ke Irak dan Yordania. Hal itu karena saat di Irak dan Yordania, McCain hanya mengulangi apa yang telah disampaikan dan menjadi sikap Bush. Sementara bila dilihat lebih teliti lagi, opini dalam negeri Amerika sendiri tidak menyukai pernyataan-pernyataan Bush saat melawat Timur Tengah. Kebanyakan para pengamat politik internasional menilai sikap McCain yang menjiplak politik militeristik Bush dalam kampanye pemilunya merupakan titik lemah Partai Republik untuk menyaingi rivalnya dari Partai Demokrat dalam Pemilu Capres Amerika bulan November nanti.

Lawatan ke Palestina pendudukan sangat penting bagi kandidat Partai Republik ini. John McCain membutuhkan suara dari orang-orang Yahudi berpengaruh di Amerika. Boleh dikata, perjalanan McCain ke Palestina pendudukan adalah upaya “minta restu” dari lobi-lobi Yahudi di Amerika. Lobi-lobi Yahudi di Amerika merupakan lobi paling berpengaruh dalam struktur pemerintahan Amerika. Dari sisi ini, setiap kandidat baik dari Partai Republik maupun Demokrat selalu berusaha untuk menarik dukungan dari lobi-lobi Yahudi ini. Namun sejauh ini, kubu Demokrat lebih berhasil menarik dukungan Yahudi Amerika. Dalam Pemilu Capres Amerika, biasanya Partai Demokrat mendapat dukungan dua pertiga suara mereka. Ronald Reagan adalah Presiden Amerika dari kubu Republik yang paling berhasil meraih simpati suara Yahudi Amerika. Reagan berhasil meraup 39 persen dukungan dari orang-orang Yahudi Amerika.

Lawatan ke Palestina pendudukan merupakan budaya politik setiap kandidat dari Partai Republik. Dan perjalanan McCain ke sana harus dianalisa dalam koridor ini. McCain setelah mengunjungi Palestina pendudukan terpaksa mengeluarkan pernyataan untuk menarik dukungan orang-orang Yahudi mengatakan, “Saya mendukung Baitl Maqdis sebagai ibu kota Israel.”[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: