Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Laporan PBB Soal Pelanggaran HAM di Afghanistan

Posted by infosyiah pada 1, Maret 20, 2008

Laporan PBB Soal Pelanggaran HAM di Afghanistan

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merilis laporan tentang kondisi hak asasi manusia (HAM) di Afghanistan. Laporan ini membahas mengenai kasus-kasus pelanggaran HAM di Afghanistan di tahun 2007. Di samping itu, dalam laporan tersebut PBB memperingatkan peningkatan kendala jaminan hak asasi manusia di Afghanistan. PBB dalam laporannya itu menilai pemerintahan Karzai tidak berhasil melindungi hak asasi manusia warganya. Disebutkan juga, bahkan lembaga peradilan negara ini tidak mampu mengambil langkah-langkah positif guna melindungi keadilan dan hak-hak perempuan.

Laporan PBB soal pelanggaran HAM di Afghanistan punya poin-poin penting yang harus dikaji lebih lanjut.

Ironisnya, laporan PBB soal pelanggaran HAM di Afghanistan tidak menyebutkan sama sekali kinerja tentara Amerika dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Padahal dunia tahu betapa serangan-serangan udara dan darat militer Amerika dan NATO di berbagai daerah Afghanistan telah merenggut ratusan nyawa penduduk sipil Afghanistan. Aneh melihat bungkamnya PBB saat menyaksikan pembantaian warga sipil di Afghanistan yang dilakukan oleh tentara asing. Padahal sebagian petinggi NATO sendiri mengakui korban tewas dan cedera dari rakyat sipil akibat pengeboman yang mereka lakukan. Belum lagi para pejabat dan rakyat Afghanistan telah menyatakan kekhawatirannya menyaksikan betapa tentara pendudukan tidak pernah peduli bahaya jatuhnya korban dari penduduk tak berdosa dalam operasi-operasi militer yang mereka lakukan. Namun Amerika dan NATO tidak pernah menggubris semua itu dan tidak mengubah kinerja mereka di sana.

Para analis politik menilai bahwa sekalipun pemerintah Afghanistan tidak dapat berbuat banyak untuk menjamin HAM di negaranya dan mengadili para pelanggar HAM, namun perlu dicamkan betapa mayoritas kasus pelanggaran HAK terkait dengan korban warga sipil dalam operasi militer Amerika dan NATO. Itulah mengapa mereka menganggap laporan terbaru PBB soal pelanggaran HAM di Afghanistan obyektif. Oleh karenanya, bungkamnya badan dunia ini terkait pelanggaran HAM di Afghanistan oleh pasukan asing tidak dapat diterima oleh dunia internasional. Kinerja tentara asing di bidang pemberantasan narkotika, kemiskinan dan bantuan pembangunan kembali Afghanistan merupakan kasus lain pelanggaran HAM di sana.

Lambannya bantuan restrukturisasi Afghanistan membuat banyak daerah-daerah di sana yang belum memiliki fasilitas air minum dan listrik. Padahal, tugas utama tentara asing di sana untuk membantu percepatan restrukturisasi Afghanistan. Sementara data statistika yang ada menunjukkan bahwa bahkan di Kabul, ibu kota Afghanistan dan kota-kota di sekitarnya warga masih harus menikmati listrik pada jam-jam tertentu. Tidak adanya fasilitas air bersih juga merupakan masalah yang dihadapi mereka.

Bila mengharapkan kondisi detil HAM di Afghanistan, maka perlu juga dimasukkan peran langsung tentara asing dalam membunuh warga sipil Afghanistan dan ketidakseriusan mereka menyediakan infrastruktur secara tidak langsung memberi andil Amerika dan NATO melakukan pelanggaran HAM di sana.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: