Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Dalai Lama Dan Pertemuan Dengan Petinggi AS

Posted by infosyiah pada 1, Maret 23, 2008

Dalai Lama Dan Pertemuan Dengan Petinggi AS

Seakan tak mendengar seruan Cina lewat Juru Bicara Departemen Luar Negeri-nya untuk tidak mendukung Dalai Lama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Peloci Jum’at 21 Maret 2008, mengadakan pertemuan dengan tokoh yang disebut Cina sebagai pemimpin separatisme Tibet itu. Pertemuan di kota Dharamsala India itu berlangsung ketika kerusuhan di Tibet belum juga reda. Pelosi mengaku bahwa pertemuan itu dimaksudkan untuk mengetahui dari dekat kondisi Dalai Lama di pengasingan. Dalai Lama hidup di pengasingan setelah pemerintah Cina menumpas gerakan pemisahan Tibet tahun 1959 yang melibatkan dirinya.

Kerusuhan Tibet saat ini terjadi sekitar dua pekan lalu, ketika massa menggelar aksi demo di Lhasa memperingati kebangkitan rakyat Tibet tahun 1959. Para demonstran terlibat bentrokan dengan aparat keamanan dan polisi anti huru-hara setelah meneriakkan yel-yel yang menuntut Cina mengakhiri pendudukan atas wilayah ini. Pemerintah Cina mengumumkan bahwa kerusuhan Tibet menewaskan belasan orang, sementara pihak Dalai Lama menyebutkan angka 80 korban tewas dalam bentrokan massa dengan aparat.

Kerusuhan dan ketegangan ini memancing reaksi berbeda dari berbagai negara. Paris dan London meminta Beijing agar tidak melarang wartawan masuk ke wilayah Tibet untuk melaporkan kondisi dan fakta yang ada di lapangan ke seluruh dunia. Sementara itu, Washington berusaha memanfaatkan kerusuhan itu untuk kepentingannya. Menyaksikan reaksi masyarakat dunia, Cina meminta semua negara untuk tidak membela Dalai Lama. Alasannya, pemimpin Tibet di pengasingan itu adalah tokoh kelompok separatis yang berusaha memisahkan Tibet dari Cina. Karenanya, Dalai Lama tak boleh didukung.

Seruan Cina itu tidak diindahkan oleh AS. Nancy Pelosi yang dikenal sebagai kritikus utama kebijakan Cina menemui Dalai Lama di pengasingan. Pertemuan itu adalah yang pertama dilakukan pejabat tinggi AS sejak kerusuhan meletus di Tibet. Pelosi bahkan menyeru masyarakat dunia untuk tidak mengabaikan pelanggaran hak asasi manusia di Tibet sekaligus menyuarakan penentangan terhadap kebijakan Cina yang memasung hak-hak sipil dan politik rakyat Tibet. Pernyataan Nancy Pelosi itu adalah babak kelanjutan dari episode sebelumnya ketika Kongres AS memberikan medali penghargaan kepada Dalai Lama. Presiden George W Bush juga pernah menemui pemimpin Tibet itu.

Kesamaan visi dan pandangan Bush dan Pelosi menandakan bahwa keduanya menginginkan tekanan yang kuat terhadap Cina, dan ini menunjukkan bahwa di AS, kubu Demokrat dan Republik memiliki strategi yang sama dalam menghadapi Cina. Padahal, Beijing sudah berulang kali mengajak Washington untuk menandatangani perjanjian bersama Cina dan AS.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: