Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

40 Hari Imad Mughniyah dan Laporan Reuters dari Lebanon

Posted by infosyiah pada 1, Maret 24, 2008

40 Hari Imad Mughniyah dan Laporan Reuters dari Lebanon

Menjelang peringatan 40 hari syahadah Imad Mughniyah di Huseiniyah Sayyyid al-Syuhada di Dhahiah, Reuters menurunkan laporan menarik, “Orang-orang Syiah Lebanon yang masih berkabung secara berkelompok-kelompok menuju tempat pemakaman Imad Mughniyah, mantan komandan Hizbullah. Mereka ramai membicarakan bahwa pria yang dahulunya dikejar-kejar Amerika dan Israel telah berubah menjadi simbol perlawanan.”

Seperti dilansir oleh Raja News dengan mengutip laporan wartawan Reuters dari Beirut, Laila Bassam melanjutkan, Imad Mughniyah diteror dengan bom mobil di Damaskus pada tanggal 12 Februari. Imad Mughniyah dikejar-kejar berbagai badan intelijen internasional dan bahkan regional selama lebih dari 20 tahun. Imad Mughniyah sewaktu diteror menjabat sebagai komandan Hizbullah. Tempat di mana Imad Mughniyah dikuburkan bersama-sama para pejuang Hizbullah lainnya telah menjadi tempat ziarah.

Hizbullah adalah kelompok yang hebat dengan dukungan Iran dan Suriah dan pada hari ini, Senin 24 Maret adalah acara 40 hari syahadahnya. Sebagaimana telah direncanakan, Sayyid Hasan Nasrullah pada hari ini akan menyampaikan pidatonya.

Bassam menuliskan tentang tempat dikuburkannya Imad Mughniyah. Disebutkannya, Tempat dikuburkan Imad Mughniyah berjarak beberapa kilometer dari tempat acara peringatan 40 hari syahadahnya. Imad Mughniyah dikuburkan bersama para pejuang Hizbullah seperti Hadi Nasrullah, Anak Sayyid Hasan Nasrullah. Hadi Nasrullah gugur syahid pada tahun 1997 saat berperang melawan Israel. Sepeninggal Imad Mughniyah, jumlah peziarah semakin meningkat. Di sekitar lokasi pekuburan terpampang foto-foto para pejuang Hizbullah dan terdengar sayup-sayup suara bacaan al-Quran dari speaker yang di pasang di sana.

Reuters menegaskan betapa Hizbullah dan Iran menuduh Israel berada di balik teror Imad Mughniyah yang biasa dipanggil Haji Ridhwan. Reuters menambahkan, saat perang 33 hari pada tahun 2006 melawan Israel, Imad Mughniyah menjadi salah satu komandan Hizbullah. Sekalipun Israel menolak dituduh sebagai pelaku teror Imad Mudhniyah, tapi Imad Mughniyah menjadi salah seorang paling dicari Mossad, Badan Intelijen Israel.

Kantor Berita Inggris ini kembali mengulangi tuduhan media Barat bahwa Imad Mughniyah bertanggung jawab dalam penyanderaan orang, pesawat dan serangan terhadap target-target Barat dan Israel di dekade 80-an dan di awal-awal dekade 90-an.

Dalam laporannya, Reuters mewawancarai seorang peziarah kuburan Imad Mughniyah bernama Fathimah Saad yang ikut bersama rombongan mini bus. Mereka berasal dari sebua desa di Lebanon Selatan. Fathimah mengatakan, “Kami bangga dengan syahid Imad Mughniyah. Dia adalah pemimpin tangguh yang memenangkan kami saat menghadapi Israel. Kami bangga karena Imad Mughniyah menjadi musuh nomor satu di mata musuh kami.”

Memasuki lokasi pekuburan syuhada Hizbullah dapat disaksikan betapa setiap kuburan ditelakkan sebuah bendera yang bertuliskan, “Mereka yang zalim tidak akan pernah tenang, karena jari-jari kami berada di pelatuk senjata.”

Reuters menambahkan, “Pendukung Imad Mughniyah menilainya sebagai mitos. Tempat tinggal dan bagaimana dia berpindah dari satu tempat ke tempat lain selama lebih dari 20 tahun tidak banyak diketahui bahkan oleh pejabat senior Hizbullah. Kebanyakan orang menganggap dia lebih sering berada di Iran, Suriah dan Lebanon.”

Reuters juga mewawancarai Sayyid Fatin, anak Fathimah Saad. Menurut Fatin, “Kami benar-benar tidak tahu siapa sebenarnya Imad Mughniyah. Kami tidak tahu bahwa dia berada di balik setiap kemenangan kami menghadapi Israel. Namun yang pasti penghormatan rakyat terhadapnya semakin besar setelah syahadahnya. Imad Mughniyah adalah simbol pengorbanan.”

Reuters menanyai Ummu Ali (60) yang tengah duduk di samping kuburan Imad Mughniyah dan dengan khusyu’ membaca al-Quran mengatakan, “Syahdah adalah pemberian Allah. Tidak penting berapa dari kami yang berhasil mereka syahidkan. Dengan darah syahid, kami menjadi semakin kuat. Insya Allah, kami semua akan melanjutkan jalan yang telah mereka tempuh.”[infosyiah]

Satu Tanggapan to “40 Hari Imad Mughniyah dan Laporan Reuters dari Lebanon”

  1. abu robbani said

    Alloh Ya Karim berikan kemuliaan untuk para Syuhada Hizbulloh dan berikan pada kami kemulian untuk syahid di jalan Mu, seperti mereka yang telah Engkau penuhi untuk mencapai kemuliaan sebagai Syuhada
    amin Ya Robbal ‘Alamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: