Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Giliran Cheney, Terancam Gagal

Posted by infosyiah pada 1, Maret 24, 2008

Giliran Cheney, Terancam Gagal

Kini, giliran Wakil Presiden AS, Dicky Cheney berkeliling ke Timur Tengah. Setelah melawat ke Arab Saudi, tadi malam (21/03) Cheney memasuki kawasan Palestina Pendudukan. Perkembangan terbaru di Timur Tengah dan situasi pasar minyak dunia merupakan tema utama pembicaraan Wapres AS dalam rangkaian kunjungannya di Timur Tengah kali ini. Cheney tampaknya tengah membujuk negara-negara Arab agar mendukung kebijakan Washington terkait masalah krisis Irak dan Palestina, program nuklir Iran, dan friksi politik di Lebanon. Karena itu, para pengamat menilai, kunjungan orang nomor dua Gedung Putih ini merupakan efek dari kekhawatiran akut Washington soal transformasi akhir di Timur Tengah.

Belakangan, para pejabat AS memang gencar melawat ke Timur Tengah. Meroketnya harga minyak di pasar global, kondisi perekonomian AS yang terancam resesi, dan persoalan dilematis yang dihadapai AS di Irak dan Afghanistan merupakan sejumlah biang masalah yang mendorong para politisi Gedung Putih makin giat berkunjung ke Timur Tengah.

Setelah Presiden AS, George Bush gagal membujuk Arab Saudi dan negara-negara anggota OPEC lainnya meningkatkan produksi minyaknya, kini giliran Wakil Presiden AS, Dickh Cheney merayu kembali raja Arab Saudi menambah volume produksi minyaknya. Namun hingga kini pun belum terungkap jawaban yang jelas dari pihak Riyadh.

Tampaknya, nasib kunjungan Cheney sekarang tak berbeda jauh dengan kegagalan hasil rangkaian lawatan pejabat tinggi AS ke Timur Tengah sebelum ini. Cheney bukan hanya terancam gagal membujuk Arab Saudi meningkatkan produksi minyaknya, tapi juga gagal mengajak negara-negara Arab mendukung politik anti-Iran Washington.

Di lain pihak, seiring dengan kian mendekatnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Liga Arab, di Damaskus akhir bulan ini, Cheney juga berupaya mendesak negara-negara Arab untuk menekan Syria agar mengubah kebijakannya mengenai Lebanon. Mengamati gelagat kunjungan Wapres AS ke Timur Tengah ini, jelas bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari skenario konspirasi AS untuk mengukuhkan posisi Rezim Zionis Israel di Timur Tengah.

Para analis berpendapat, lewat kunjungan Cheney, Washington untuk kesekian kalinya kembali menampilkan dukungan butanya kepada Israel di depan pemimpin negara-negara Arab. Karena itu, jika negara-negara Arab masih sudi bersekutu dengan AS, tak ada jalan lain bagi mereka kecuali mengadopsi kebijakan pro-Israel Washington.

Namun demikian, langkah AS ini niscaya berbanding terbalik dengan iklim opini yang berkembang di tengah masyarakat Timur Tengah saat ini. Wajah AS di Timur Tengah terlalu buruk untuk bisa dirias ulang. Selama Washington masih bersikukuh dengan kebijakan pro-Israelnya, mustahil AS bisa mengambil kembali hati opini masyarakat Timur Tengah. [infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: