Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Sarkozy Cari Gara-Gara Lagi

Posted by infosyiah pada 1, Maret 24, 2008

Sarkozy Cari Gara-Gara Lagi

Lagi-lagi Iran menjadi sasaran tudingan palsu para politisi Barat. Kali ini giliran Presiden Prancis, Nicholas Sarkozy menuduh Tehran berupaya membuat senjata nuklir dan menilai program misil Iran sebagai ancaman bagi Eropa. Mereaksi tudingan tak berdasar ini, Jubir Kementerian Luar Negeri Iran, Sayid Mohammad Ali Hosseini, menyebut klaim sepihak Presiden Sarkozy tersebut tidak bernilai. Jubir Kemenlu Iran menganggap, tudingan semacam itu sengaja dilontarkan untuk mendukung ambisi kelompok neokonservatif AS dan propaganda media-media zionisme internasional.

Tentu saja, tudingan palsu tersebut bukan yang pertama kalinya diungkapkan oleh Presiden Sarkozy. Sebelum ini pun, Sarkozy telah beberapa kali melancarkan klaim anti-Iran. Sejak Sarkozy terpilih sebagai presiden, politik luar negeri Perancis cendrung berkiblat ke AS. Paris lebih memilih untuk mendukung kebijakan militeristik Washington dan memihak Rezim Zionis Israel. Wajar jika kemudian, Sarkozy pun kian gencar menyudutkan Tehran, sebagai musuh utama AS dan Israel. Akhir tahun lalu, orang nomor satu di Istana Elysee ini bahkan pernah mengancam Iran dengan gertakan perang nuklir. Sebuah ancaman yang terbilang liar dan serampangan dalam etika diplomasi.

Perlu diingat juga, Perancis, AS, dan Inggris merupakan tiga negara penggagas Resolusi 1803 Dewan Keamanan PBB melawan Iran. Seperti halnya resolusi 1747 dan 1737, resolusi terbaru DK PBB ini pun menuntut Tehran menghentikan program pengayaan uraniumnya. Karuan saja di mata Republik Islam Iran, resolusi tersebut ilegal dan tidak adil. Belakangan, Presiden Sarkozy kembali mengulang tuntutan ilegal tersebut.

Melihat kenyataan ini, tampaknya Barat tak pernah merasa cukup dengan laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang telah membuktikan status sipil program nuklir Iran. Barat hanya puas bila Iran menghentikan secara total program nuklirnya. Tak ayal, Tehran niscaya menolak tuntutan tidak realistis semacam itu. Seperti yang ditegaskan oleh Jubir Kemenlu Iran, Republik Islam Iran senantiasa menjadi pusat penyeru perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah. Program misil Iran merupakan bagian dari upaya peningkatan sistem pertahanan negara. Prorgam ini diterapkan sesuai dengan peraturan internasional, dan sama sekali bukan menjadi ancaman bagi negara manapun.

Terkait masalah nuklir Iran, untuk kesebelas kalinya, laporan Dirjen IAEA, Mohammad ElBaradei telah membuktikan tidak adanya penyimpangan untuk kepentingan non sipil dalam program nuklir Iran. Berdasarkan laporan ini, semestinya berkas kasus nuklir Iran harus dikeluarkan dari meja Dewan Keamanan PBB. Namun karena tekanan AS, Perancis, dan Inggris, hingga kini DK PBB telah menjatuhkan tiga resolusi melawan program nuklir Iran. Kenyataan ironis ini membuktikan bahwa DK PBB hanya menjadi alat kekuatan adidaya untuk menekan negara-negara lain yang tak sehaluan dengan mereka. Tapi, apapun yang terjadi, pemerintah dan rakyat Iran telah bertekad terus melanjutkan program nuklir sipilnya dan tidak akan pernah rela melepas haknya. [infosyiah]

2 Tanggapan to “Sarkozy Cari Gara-Gara Lagi”

  1. titov said

    lagu lama para islamophobia barat.
    cari2 masalah, setelah sukses di irak dengan tuduhan palsunya, mereka akan nyoba peruntungan di iran dengan tuduhan palsu yg laennya.

  2. arinet said

    Halah masalah gituan kok dipikirin..
    Ga menarik banget!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: