Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Demo Anti AS Rakyat Jepang

Posted by infosyiah pada 1, Maret 25, 2008

Demo Anti AS Rakyat Jepang

Beberapa hari lalu, ribuan warga Jepang berunjuk rasa menentang kriminalitas tentara AS di pulau Okinawa. Pulau ini merupakan pangkalan utama pasukan militer AS di jepang. Para pengunjuk rasa tersebut menuntut pemerintah Jepang mengkaji ulang perjanjiana pertahanan militernya dengan Washington. Mereka juga mendesak dikuranginya pangkalan militer AS di Okinawa.

Pada tahun 1951, Tokyo dan Washington menandatangani perjanjian keamanan dan militer. Berdasarkan perjanjian tersebut, hingga kini AS telah menempatkan 50 ribu tentara dan 75 persen perlengkapan militernya di Okinawa. Namun kehadiran tentara AS di pulau kecil sebelah barat daya Jepang ini, banyak meninggalkan catatan kriminal yang amat memalukan. Kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh sejumlah marinir AS terhadap seorang gadis Jepang di awal dekade 90-an dan beberapa kasus serupa lainnya di tahun-tahun berikutnya merupakan beberapa contoh kasus kriminalitas tentara AS di Jepang.

Aksi demo beberapa hari lalu, bukanlah unjuk rasa yang pertama kalinya digelar oleh warga Jepang. Hingga kini, warga Jepang telah berulang kali melancarkan aksi unjuk rasa serupa menentang kebijakan militer Tokyo dan kriminalitas tentara AS. Dalam aksi demo 23 Maret lalu, Walikota Okinawa, Mitsuko Tomon bahkan turut bergabung dalam barisan para pengunjuk rasa lainnya. Mitsuko juga menegaskan, “Tiap kali warga Jepang memprotes tindakan tak manusiawi tentara AS, pemerintah Tokyo tak pernah mempedulikannya. Sikap abai semacam itu, niscaya mendorong tentara AS merasa tidak kapok dan mengulang kembali kejahatannya”.

Para demostran di Okinawa mengingatkan, aksi pelecehan seksual tentara AS terhadap siswi 14 tahun Jepang, bulan Februari lalu di pulau Okinawa merupakan akibat dari ketidakpedulian dan kelengahan pemerintah Jepang terhadap perilaku pasukan militer AS. Para pengunjuk rasa bahkan mengancam bakal menggelar gelombang demontrasi yang lebih luas dan besar-besaran bila Tokyo masih setia dengan kebijakan pro-Washingtonnya.
Rencananya, anggota panitia unjuk rasa anti-AS di Okinawa akan berkunjung ke Tokyo guna memberikan desakan yang lebih serius kepada pemerintah Yasuo Fukuda. Mereka berencana menuntut PM Jepang untuk segera mengkaji ulang perjanjian pertahanan Jepang-AS Tahun 1951.

Di akhir aksi demonya, para pengunjuk rasa juga mencetuskan sebuah penyataan bersama yang menuntut pemerintah Tokyo agar tidak mengorbankan kehormatan warga Jepang dan harga diri nasionalismenya untuk kepentingan politik pro-AS.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: