Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

Bush Bersikeras lanjutkan Kehadiran Militer AS di Irak

Posted by infosyiah pada 1, Maret 28, 2008

Bush Bersikeras lanjutkan Kehadiran Militer AS di Irak

George W. Bush, Presiden Amerika masih tetap bersikeras melanjutkan kehadiran militer AS di Irak. Dana Perino, Juru Bicara Gedung Putih dalam bincang-bincangnya dengan para wartawan menekankan bahwa tidak ada kemungkinan pengurangan jumlah pasukan Amerika di Irak. Menurutnya, Bush bahkan tidak punya keinginan untuk menetapkan waktu pengurangan itu. Pernyataan Juru Bicara Bush ini sejatinya merupakan reaksi atas protes yang dilakukan di Amerika sendiri terkait berlanjutnya pendudukan Irak.

Lima tahun telah lewat dari awal agresi Amerika di Irak dan pendudukan negara ini sangat menyengsarakan kehidupan rakyat Irak. Jumlah korban tewas dari warga Irak selama lima tahun telah melebihi 700 ribu orang. Sekalipun Amerika berhasil membebaskan orang-orang Irak dari pemerintahan diktator Saddam Husein, namun selama lima tahun ini mereka hidup dalam kemiskinan, ketidakamanan dan kekerasan.

Bush dan para komandan seniornya bersikeras untuk melanjutkan pendudukan Irak dengan tujuan yang mereka sebut demi melindungi capaian-capaiannya selama di Irak. Namun bagi rakyat Irak, capaian yang disebut-sebut Amerika itu hanyalah bencana, tidak aman, penistaan kedaulatan dan pelanggaran hak menentukan nasib bangsa. Opini publik di dalam Amerika sendiri dan bahkan media-media massa negara ini mengkritik kinerja Bush di perang Irak. Menurut mereka, berlanjutnya pendudukan Irak hanya tindakan penghambur-hamburan bujet negara demi melindungi tentara, operasi militerdan korban tewas tentara Amerika di sana. Berdasarkan data statistik terbaru terkait lima tahun pendudukan Irak, sekitar 4 ribu tentara Amerika tewas di sana, sementara biaya perang yang harus dikeluarkan Amerika setiap bulannya adalah 12 miliar dolar.

Protes berlanjutnya pendudukan Irak tetap berlangsung baik dari dalam negeri Amerika sendiri maupun seluruh dunia, namun tampaknya politik strategis tokoh-tokoh Partai Republik ini tetap dan tidak akan berubah. John McCain, calon presiden dari Partai Republik yang melawat Irak menjelang peringatan 5 tahun perang Irak bahkan secara transparan mendukung politik dan kinerja Bush soal kehadiran militer Amerika di Irak. Sekalipun mungkin saja garis politik seperti ini dapat mempengaruhi perolehan suara Partai Republik dalam pemilu calon presiden Amerika November nanti, tapi di sisi lain, Partai Demokrat sendiri tidak punya kebijakan yang jelas soal Irak dan penarikan tentara Amerika dari negara itu.

Dalam kondisi yang demikian, Bush mengambil kesempatan untuk mematahkan propaganda Partai Demokrat yang anti Republik terkait masalah Irak dan rencana kelanjutan kehadiran tentara Amerika di sana. Bush dengan cerdik mengaitkan masalah Irak dengan keamanan dan kepentingan nasional Amerika. Namun bagi rakyat Amerika dan Irak yang telah menyaksikan dampak buruknya politik agresi Gedung Putih, dalih yang disampaikan Bush tidak dapat meyakinkan mereka dan tetap bersikeras agar pendudukan Irak segera dihentikan.[infosyiah]

Satu Tanggapan to “Bush Bersikeras lanjutkan Kehadiran Militer AS di Irak”

  1. ramdani1428 said

    Mmmm sepanjang belum dapat minyaknya kayaknya Irak masih akan terus dikangkangi Amerika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: