Info Syiah

Ringan, Segar dan Mencerahkan

KTT Liga Arab, Harapan Rakyat Palestina

Posted by infosyiah pada 1, Maret 28, 2008

KTT Liga Arab, Harapan Rakyat Palestina

Menjelang digelarnya sidang puncak para pemimpin Arab di Damaskus Suriah, Komite Penerus Konferensi Nasional Palestina yang dianggotai oleh sejumlah faksi perjuangan Palestina merilis statemen yang berisi harapan rakyat Palestina kepada KTT Liga Arab. Statemen ini mengimbau para pemimpin Arab untuk komitmen kepada hak-hak rakyat Palestina dan perjuangan Palestina. Faksi-faksi Palestina ini juga menyebutkan tuntutan paling prinsip bangsa Palestina, yaitu diakhirinya pendudukan rezim zionis, kepulangan para pengungsi Palestina ke negeri mereka, pembentukan negara Palestina merdeka dengan Al-Quds sebagai ibukotanya, dan pembebasan para tahanan dari penjara-penjara Israel. Statemen ini lebih lanjut menekankan bahwa dunia Arab harus berupaya maksimal untuk mewujudkan tuntutan rakyat Palestina ini.

KTT Liga Arab ke-20 akan dilangsungkan di Damaskus, ibukota Suriah tanggal 29-30 Maret. Penyelenggaraan KTT tersebut dipandang sangat krusial mengingat saat ini, negara-negara Arab khususnya Palestina tengah menghadapi tipu daya dan jaring-jaring makar yang ditebar oleh negara-negara adidaya khususnya AS dan sekutu dekatnya, rezim zionis Israel. Jalur Gaza menjadi bulan-bulanan amukan mesin perang Israel yang mutakhir. Korban pun makin banyak yang berjatuhan. Suara desingan timah panas, dentuman meriam dan peluru artileri maupun raungan bunyi pesawat dan helikopter tempur sudah tidak asing bagi rakyat Palestina.

Kisah dramatis warga Gaza akhir-akhir ini kian menyayat hati. Pemandangan kaum tertindas tanpa ada yang datang menolong hampir tiap hari disajikan oleh media-media dunia. Sayangnya, lembaga-lembaga internasional, tak terkecuali Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dengan Dewan Keamanan-nya, bungkam seribu bahasa. Tak ada kutukan bahkan kritik pemanis bibir yang dialamatkan ke Israel. Sudah berbulan-bulan lamanya, warga Gaza hidup dalam blokade. Tepat jika dikatakan, Jalur Gaza saat ini ibarat penjara besar bagi satu setengah juta orang Palestina.

Rakyat Palestina sendiri sudah menyatakan tekad mereka untuk berjuang melawan rezim pendudukan, semahal apapun harga yang harus mereka bayar. Sebab hanya dengan melawan, bertahan dan bersabar mereka akan bisa mengalahkan rezim zionis yang menduduki negeri Palestina. Namun bagi bangsa-bangsa lain, khususnya di dunia Arab dan para pemimpin, ada tuntutan untuk membantu mewujudkan cita-cita bangsa yang tertindas ini. KTT ke-200 Liga Arab diharapkan dapat menelurkan program kerja nyata yang meringankan derita rakyat Palestina dan membantu mereka meraih hak-hak sebagai sebuah bangsa yang merdeka.[infosyiah]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: